20 April 2012

Real Madrid dan Barcelona, Pimpin Eropa dan Utang

http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Barca-vs-Madrid-di-el-clasico.jpg
Zonasemu.com-Spanyol kini jadi kiblat sepakbola dunia. Dua klub negeri matador itu, Real Madrid dan Barcelona jadi semifinalis Liga Champions musim ini. Selain itu tiga klub Spanyol lainnya, Atletico Madrid, Valencia dan Bilbao juga jadi semifinalis Liga Europa.

Majalah Forbes juga menempatkan dua raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona sebagai dua klub terkaya dunia di posisi dua dan tiga. Tapi, lebih dalam dari semua itu, ternyata klub-klub sepakbola di Spanyol punya tunggakan utang kepada negara yang sangat besar. Kondisi ini mengkhawatirkan, mengingat negara Spanyol sedang berjuang untuk mengatasi krisis ekonomi yang kini tengah melanda eropa. Spanyol kini diambang bahaya, seperti Yunani, Portugal dan Irlandia yang membutuhkan bailout.

Menurut penilaian terakhir pemerintah, klub di dua divisi teratas berutang 988 juta dolar dalam pajak yang belum dibayar. Nilai ini melonjak 195 juta dolar selama empat tahun terakhir. Klub-klub divisi atas saja memegang utang gabungan 4,61 miliar dolar di musim 2010-11. Enam klub diantaranya terancam bangkrut karena utang jatuh tempo pada 30 Juni.

"Segala sesuatu yang terjadi berdasarkan pada ekonomi riil," kata Jose Maria Gay Profesor Ekonomi Universitas Barcelona pada Associated Press. "Sepak bola Spanyol adalah otentik luar biasa saat ini. Tapi banyak klub yang diambang bahaya."

Real Madrid, yang kini memimpin Liga dengan empat poin, memiliki utang 773 juta dolar, sementara itu Barcelona 756 juta dolar dan Atletico 675 juta. Valencia yang telah menjual pemain bintang seperti David Villa, David Silva dan Juan Mata kini masih berutang 500 juta dolar.

Sekretaris Olahraga Spanyol, Miguel Cardenal mengatakan tidak akan memberikan perlakuan khusus pada klub-klub yang berutang itu. Tapi, sangat tidak mungkin mengharapkan pembayaran penuh pada bulan Juni ini. Kementerian tengah menyiapkan solusi.

"Tidak masuk akal untuk memberlakukan langkah disfungsional karena mempengaruhi citra dan nilai komersialisasi saat ini," kata Cardenal dalam emailnya kepada The Associated Press.

Pemerintah tidak dapat menuntut pembayaran dan membangkrutkan klub. Pendukung pasti sangat kecewa dan pemerintah tidak mau disalahkan. "Sepak bola di akhir pekan dan tiga hari selama seminggu membantu untuk menyembunyikan masalah dari kenyataan," kata Jose Maria Gay. Kini tingkat pengguran di Spanyol mencapai 23 persen.

Juru bicara Liga, Juan Carlos Santamaria mengatakan pembicaraan dengan kementerian olahraga yang konstruktif dan perjanjian sedang dilakukan untuk mengatasi situasi utang. "Klub akan mengontrol account mereka dan biaya mereka sehingga utang tidak naik karena mereka tahu bahwa tindakan keras menunggu," kata Santamaria, sambil menyebutkan denda, pengurangan poin dan degradasi sebagai hukuman potensial yang akan ditawarkan
http://noveloke.co.cc/cooment.gif
Jangan Lupa Di Like Ya Gan


Description: Real Madrid dan Barcelona, Pimpin Eropa dan Utang Rating: 4.5 Reviewer: Zonna Info - ItemReviewed: Real Madrid dan Barcelona, Pimpin Eropa dan Utang