12 Mei 2012

Benarkah Pesawat Sukhoi Dibajak?

Beberapa media mengulas tentang dugaan pembajakan pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak.

Banyak argumentasi yang bermunculan mulai dari kegagalan sistem operasi pesawat, kesalahan pilot hingga yang lebih ekstrim tentang dugaan pembajakan. Situs endthelie.com mengumpulkan sejumlah opini mengenai dugaan penyebab jatuhnya Superjet ini.

Seperti dilaporkan Kantor Berita Rusia RIA Novosti, Kamis (10/5), dengan mengutip sebuah sumber, bahwa adanya dugaan pesawat komersil Sukhoi itu dibajak. Atau, kemungkinan lain, pesawat yang melakukan demo penerbangan di langit Indonesia itu mengalami kecelakan karena jarak pandang yang tidak jelas. Namun, demikian Pemerintah Rusia tidak menjelaskan secara detail mengenai dugaan tersebut.


Pesawat Sukhoi

Mengutip seorang mantan pilot seniornya, media ini menulis bagian dari Jakarta memiliki medan sangat keras. Mantan pilot tes Magomed Tolboev, yang pernah terbang ke Indonesia, mengatakan kepada RT, "Ada gunung 6.158 meter, itu sangat sulit," katanya. "Pilot harusnya telah melihat gunung karena pesawat itu sangat modern. Hal ini dilengkapi dengan semua peralatan penerbangan terbaru."

Sementara itu David Learmount, mantan editor website penerbangan Flightglobal, menduga adanya kesalahan pada pilot selaku pengendali pesawat. Dalam kasus ini ia, menduga Pilot melakukan manuver untuk menguji kinerja pesawat di hadapan para calon pembeli pesawat yang ikut dalam penerbangan.

Namun Chris Yates, seorang ahli penerbangan, menolak skenario pembajakan karena dalam kasus itu kedip radar pada layar akan menunjukkan di mana pesawat itu mungkin berada.

Sementara itu, David Learmount, pengelola situs penerbangan global Flightglobal, percaya faktor human error lebih berperan. Demonstrasi untuk calon pelanggan, kata dia, bisa menjadi bagian penting dari demo itu. Cukup banyak kecelakaan penerbangan terjadi murni karena pesawat sedang mempertontonkan sampai ke ujung potensi mereka, katanya kepada RT.

"Itu adalah penerbangan demo, hal ini merupakan demonstrasi penerbangan," kata Learmount. "Kadang-kadang pilot atau awak pesawat sengaja melampaui batas mereka. Dan mereka melakukan itu kadang-kadang ketika pesawat sudah cukup dekat dengan tanah. Sebuah demonstrasi penerbangan kerap melakukannya. Terkadang mereka terlalu jauh. Dan itulah yang mungkin terjadi di sana (Indonesia)."(sumber)

http://noveloke.co.cc/cooment.gif
Jangan Lupa Di Like Ya Gan


Description: Benarkah Pesawat Sukhoi Dibajak? Rating: 4.5 Reviewer: Zonna Info - ItemReviewed: Benarkah Pesawat Sukhoi Dibajak?