5 Agustus 2011

Kutipan Kata-kata Bijak Dari Dunia Rock & Roll

Hamster Head - Kata-kata yang bijak gak hanya bisa kita dapetin di sekolah, guru, ulama, atau orang-orang yang dianggap benar aja. Kadang itu bisa kita dapatkan dari orang-orang yang dicap berandalan atau kehidupannya berkesan semrawut. Seperti kata-kata bijak dari para rock star ini.

1. Kurt Cobain (Nirvana)

"I just can't believe that anyone would start a band just to make the scene and be cool and have chicks. I just can't believe it."
(Gw gak bisa percaya kalo ada orang yang memulai bikin band hanya karena ingin bikin film, jadi keren dan punya banyak cewek. Gw hanya gak bisa percaya itu)

Motivasi dia utk bikin band dan bermusik bukanlah untuk itu. Musik bagi dia adalah sarana untuk menyampaikan apa yang dia fikir dan rasa. Media untuk bisa menyampaikan pesan. Bukan untuk jadi beken yang dia cari. Mungkin karena itu dia mengakhiri hidupnya, karena tidak bisa mengatasi efek dari popularitas yang begitu mengganggu jiwanya.


2. Keith Richards (The Rolling Stones)
"To make a rock'n'roll record, technology is the least important thing."
(Untuk bikin rekaman rock n roll, tekhnologi adalah hal penting yang terakhir.)

Tekhnologi hanya sarana pendukung saja, hal yang utama menurut si mbah ini dalam membuat rekaman rock n roll adalah jiwa yang lepas, yang bisa menyampaikan isi hati dan pikiran. 



3. Bono Vox (U2)
"As a rock star, I have two instincts, I want to have fun, and I want to change the world. I have a chance to do both."
(Sebagai rock star, gw punya dua insting. Gw pengen bersenang-senang, dan gw ingin merubah dunia. Gw punya kesempatan untuk melakukan keduanya)

Dengan materi dan popularitas yang dia miliki, tentu saja dia bisa bersenang-senang ampe muntah2 juga. Tapi dia ingin melakukan hal-hal yang lebih berarti dari sekedar berlaku hedon. Dengan popularitasnya, suaranya bisa didengar dunia. Dia banyak terlibat dalam aksi kemanusiaan dalam lingkup internasional. Seperti menanggulangi penyakit HIV AIDS, pembebasan hutang2 luar negeri negara2 miskin, dan juga isu2 tentang kemerdekaan. Bono, yang ingin menyaingi Deddy Dores karena selalu tampil berkacamata keren ini, ternyata juga pendukung kemerdekaan Timor Leste.



4. Jon Bon Jovi (Bon Jovi)
"I could never quite understand cocaine, you can't get a hard on, you can't sleep and you grind your teeth, what the fuck is good about that?"
(Gw gak pernah bisa ngerti ama kokain, lw gak bisa ngaceng, lw gak bisa tidur, terus lw menggerus gigi lw sendiri. Apanya yang bagus dengan itu sih?")

Pantas aja The Dance Company pengen jadi kayak rock star yang satu ini. Dia emang terkenal bersih dan anak manis di dunia rock n roll yang slengean ini. Tapi emang bener sih, kalo jadi gak bisa ngaceng terus buat apa pake kokain? Rugi amat, gan....

5. James Hetfield (Metallica)
"Metallica fans sided with Napster because they're lazy bastards and they want everything for free, I like playing music because it's a good living and I get satisfaction from it but I can't feed my family with satisfaction."
(Fans Metallica berpihak pada Napster karena mereka ** SENSOR ** yang pemalas dan mereka ingin semuanya gratis. Gw suka bermusik karena ini adalah kehidupan yang baik dan gw dapat kepuasan dari ini. Tapi gw gak bisa kasih makan keluarga gw hanya dari kepuasan aja.)

Metallica bermasalah dengan Napster, perusahaan musik online, yang memungkinkan lagu2 Metallica bisa diunduh bebas. Intinya adalah, sebagai seniman yang hak ciptanya dilindungi, mereka ingin mendapat apresiasi yang setimpal, tidak mau dibajak begitu aja seenaknya. 



6. Axl Rose (Guns n Roses)
"Life sucks, but in a beautiful kind of way."
(Kehidupan ini menyebalkan, tapi dengan jalannya yang indah)

Yaaa... namanya juga hidup. Ada senangnya ada sedihnya, ada manisnya ada asemnya juga. Semua ini menjadikan hidup kita dalam suatu dinamika yang indah. Problem menjadikan hidup lebih hidup. Gak usah patah arang kalo lagi dalam situasi yang ruwet...



7. Billy Joel
Videos destroyed the vitality of rock and roll. Before that, music said, "Listen to me." Now it says, "Look at me.""
(Video menghancurkan hal yang vital dari rock n roll. Sebelumnya, musik bilang, "Dengerin gw." Sekarang dia bilang, "Lihat gw nih.")

Musik adalah media untuk menyampaikan pesan. Ada hal-hal yang ingin diungkapkan oleh seniman ke audiensnya. Tapi sekarang beda, asal lw keren bisa do re mi dikit, ditambah modal dan sedikit keberuntungan, lw udah bisa ngaku-ngaku diri lw sebagai artis.... Artis Infotainmen kalleeeee...



8. Bob Geldof (Boomtownrats)
"You can't trust politicians. It doesn't matter who makes a political speech. 
It's all lies - and it applies to any rock star who wants to make a political speech as well."
(Lw gak bisa percaya para politisi itu. Siapapun yang berbicara politis, itu semua kebohongan. Dan ini juga berlaku untuk para rock star yang juga berbicara politik.)

Tidak ada yang abadi dalam politik, kecuali kepentingan. Kadang ane bingung, kalo mereka ngomong itu mewakili kita apa konco-konconya aja. Kok macam benar, tapi begini-begini aja nih. Gak ada perubahan, gak ada yang beres....



9. Billy Idol
"Rock isn't art, it's the way ordinary people talk."
(Rock bukanlah seni, ini adalah cara orang-orang biasa berbicara.)

Menurut dia, bermusik itu jujur dan apa adanya. Kita bisa berbicara langsung ke tujuan tanpa perlu berbelit-belit. jadi maksudnya nyampe, gak menimbulkan banyak tafsiran. Gak kayak mereka yang berdasi di sana itu, ngomongnya muter-muter aja...



10. Jimi Hendrix
"Knowledge Speaks, but Wisdom Listen."
(Yang pinter ngomong, yang bijak mendengar)

Orang-orang yang pintar akan banyak berbicara karena pengetahuannya, tapi orang yang bijak akan mendengarkan. Para anggota dewan akan selalu berbicara, atas nama rakyat. Tapi apa benar mereka mendengarkan kita?

11. John Lennon (The Beatles)
'The More I See, The Less I Know"
(Semakin banyak yang gw liat, semakin sedikit yang gw tahu.)

Pengetahuan itu tidak ada batasnya. Semakin banyak yang kita lihat, dengar dan rasakan bukan berarti kita makin pintar. Justru kita akan sadar, bahwa sebenarnya semakin banyak yang kita belum tahu dari dunia ini.



12. Bob Dylan
Yesterday's just a memory, tomorrow is never what it's supposed to be.
(Kemarin itu hanya kenangan, besok gak akan pernah seperti apa yang seharusnya terjadi.)

Lupakan aja kemarin, sudah terjadi dan tidak akan terulang, juga tidak ada yang bisa menjamin bahwa besok akan seperti apa yang kita inginkan. Yang bisa kita lakukan adalah mengerjakan yang terbaik untuk hari ini, dan kita lakukan terus untuk setiap harinya.



13. Johnny Rotten (sex pistols)
There's nothing glorious in dying. Anyone can do it. 
(Tidak ada yang mulia dalam kematian, siapapun bisa melakukannya)

Semua orang akan mengalami kematian, dan setelah itu selesai sudah urusannya di dunia ini. Berkarya dan lakukanlah yang terbaik pada saat kita masih hidup, sebab pada saat itulah kita bisa melakukan perbedaan, menghasilkan dan memberi pada sesama. Untuk mati itu gampang, untuk hidup dan bisa memberi arti yang perlu perjuangan.



14. Steven Tyler (Aerosmith)
Life's journey, not a destination.
(Hidup adalah perjalanan, bukan tujuan)

Apa yang kita jalani dalam hidup ini adalah sebuah perjalanan. Ada naik turunnya, jalan berliku dan terjal, terkadang kita ada di sebuah jalan tol yang bebas hambatan. Apa yang kita lakukan dan peroleh dalam perjalanan ini akan menjadi bekal di akherat nanti. Oleh karena itu, janganlah menghalalkan semua cara untuk bisa hidup, karena bukan itu tujuan kita.

15. Dave Mustaine (Megadeth)
It's not how big your pencil is; it's how you write your name. 
(Bukan seberapa besar lu punya pensil, tapi gimana caranya lu tulis nama lu)

Bukan fasilitas apa yang kita punya. Mau dikasih modal gede ama koneksi di sana-sini, kalo gak becus ngejalaninnya, gak akan jadi apa-apa. Kalo kita pinter-pinter mengoptimalkan apa yang kita punya, tentu hasilnya akan baik pula.



16. Chris Robinson (The Black Crowes)
"You can lead a horse to a water, but faith is another matter.
Because sometimes salvation is in the eye of the storm."
(Lu bisa menuntun kuda utk masuk ke air, tapi keyakinan adalah hal yang berbeda. Terkadang keselamatan ada di dalam badai.)

Asal kita punya keyakinan dalam berusaha, semua bisa terjadi. Sebab berkah bisa datang dari mana saja, bahkan datang dari suatu hal yang kita anggap musibah atau bencana.


17. Iwan Fals
"Dalam hari selalu ada kemungkinan, dalam hari pasti ada kesempatan"

Kemungkinan akan selalu ada. Kemungkinan akan membuka suatu kesempatan. Kemungkinan yang membuka kesempatan hanya akan bisa didapat oleh mereka yang mau berfikir, bergerak dan berusaha. Kalo untuk mereka yang hanya berpangku tangan.....mimpi kaleeee...



18. Julian Casablancas (The Strokes)
"Religion is never the problem; it's the people who use it to gain power."
(Agama gak pernah jadi masalah, orang-orang yang mengunakan agama untuk kekuasaan itulah yang bermasalah)

Jujur, pengetahuan gw tentang agama masih cetek. Tapi yang gw tahu pasti semua agama berdasarkan kasih sayang dan toleransi pada sesama. Kenapa masih saja terjadi kekerasan yang mengatasnamakan agama? Yang gw ngerasa miris, agama dijadikan kedok oleh orang-orang atau kelompok hanya untuk meraih dan atau melanggengkan kekuasaan.



Description: Kutipan Kata-kata Bijak Dari Dunia Rock & Roll Rating: 4.5 Reviewer: Zonna Info - ItemReviewed: Kutipan Kata-kata Bijak Dari Dunia Rock & Roll