17 Juli 2012

Dewa Dewi Britania dalam Mitologi Kelt

Semua dewa Britania di bawah ini merupakan dewa-dewi yang terdapat dalam pantheon Romawi-Kelt. Dewa-dewi ini berasal dari periode ketika Britania menjadi provinsi Romawi. Seperti dewa-dewi Galia, dewa-dewi Kelt ini kadang-kadang diadopsi oleh orang Romawi yang tinggal di Britania antara abad ke-1 dan ke-5 M.
Kadang-kadang para penulis Romawi (dan Yunani) menggambarkan dewa-dewi Kelt dengan memberikan mereka nama-nama Romawi, kadang-kadang beserta nama-naam Galia mereka, dan kadang hanya nama Romawinya saja. Merkurius, Mars, Jupiter, Apollo, Herkules, dan Minerva merupakan nama-nama Romawi yang paling sering digunakan, ketika digunakan untuk dewa-dewi Kelt. Dalam pantheon Kelt, Merkurius biasanya berada pada tingkat hierarki paling tinggi, bukannya Jupiter. Jupiter bahkan kadang-kadang berada di bawah Mars.

Agroná

Agroná adalah dewi pertempuran dan pembantaian Britania. Nama dewa Aeron dari Wales berasal dari nama dewi ini.


Andrasta

Andrasta atau Andraste adalah dewi perang Romawi-Kelt. Namanya bermakna "Yang Tak Terkalahkan". Andrasta adalah dewi pelindung suku Iceni. Disebutkan bahwa Boudicca, ratu petarung Britania berdoa kepada Andrasta sebelum maju ke medan pertempuran melawan pasukan Romawi. Dipercaya bahwa dewi ini diberikan kurban manusia.
Andrasta juga kemungkinan berkaitan dengan dewi Andarta dari Galia, meskipun Andarta meliki sifat yang lebih damai.


Arnemetia

Arnemetia adalah dewi air Romawi-Kelt. Tidak banyak yang diketahui tentang Arnemetia, karena hanya sedikit prasasti yang ditemukan mengenai dewi ini.


Belatucadnos

Belatucadnos adalah dewa perang Britania. Belatucadnos kemungkinan disamakan dengan Cernunnos, karena mereka sama-sama digambarkan memiliki tanduk mirip randuk rusa.
Orang Romawi menyamakan Belatucadnos dengan Mars, dewa perang Romawi.


Brigantia

Brigantia adalah dewi pelindung suku Brigantes, yang merupakan suku Kelt Britania yang tinggal di daerah luas yang dinamakan sesuai nama dewi Brigantia, di Inggris utara. Orang Romawi menyamakan Brigantia dengan dewi Minerva.
Brigantia adalah dewi yang terkenal. Dia disembah dan disebut Brigindo di Galia (Prancis) dan disebut Brigit di Irlandia.
Brigantia adalah dewi perang, pengobatan, dan air. Brigantia juga adalah dewi kesuburan dan kemakmuran.


Britannia

Britannia adalah dewi pelindung. Dia merupakan dewi Romawi-Kelt yang seringkali disamakan dengan dewi Minerva dari Romawi. Pada masa pemerintahan kaisar Claudius Caesar, pasukan Romawi menaklukan Britania pada tahun 43 M. Mereka menamai provinsi baru ini sesuai dengan nama dewi Britannia.


Cocidius

Cocidius adalah dewa perburuan Kelt-Britania. Releif batu mengenai dewa ini ditemukan di Risingham, Yorkshire


Conventina

Conventina adalah dewi sungai dan mata air Kelt-Britania. Sungainya dinamai sesuai nama Conventina dan dia juga disembah oleh orang Romawi.
Mata air sucinya adalah di Brocolitia (Carrawburgh), sebuah benteng Romawi di Dinding Hadrian. di sana, persembahan nazar diberikan untuk sang dewi di mata airnya. Biasanya persembahannya berupa uang, pin atau mutiara yang dilempar ke dalam sumur. Lebih dari 13.000 koin Romawi ditemukan di dasar sumur.
Coventina adalah dewi yang terkenal di Aquae Sulis, sebuah kota yang kini disebut Bath. Dia disembah bersama dengan dua dewi Britania lainnya, yakni Sulis dan Nemetona.
Sebuah ukiran monumental dan relief kuningan ditemukan menggambarkan dirinya, dengan namanya yang dikaitkan dengan tiga nimfa, yang membawa wadah air panas.


Maponus

Maponus atau Maponos adalah dewa musik dan puisi Romawi-Kelt. Maponus disamakan dengan Apollo, dewa musik dari Romawi. Selain itu, Maponus juga disamakan dengan dewa dari Irlandia, yaitu Angus Og atau Mac Oc, putra Dagda. Akan tetapi, Maponus lebih sering ditampilkan sebagai pemuda dewa, dan kemungkinan lebih berkaitan dekat dengan Mabon, pemuda dewa dari Wales.
Pemujaannya banyak ditemukan di Britania. Dia merupakan dewa pelindung suku Brigantes. Ada bukti, dari beberapa prasasti, bahwa dia juga disembah di Galia (Prancis).


Nemetona

Nemetona adalah dewi hutan dan hutan suci Romawi-Kelt.
Nemetona biasanya dikaitkan dengan mata air penyembuhan, seperti juga Coventina dan Sulis. Nemetona terkenal di kota Bath, yang juga dikenal sebagai Aquae Sulis pada periode Romawi, di sana beberapa patungnya dapat ditemukan. Suami Nemetona adalah Mars Britania. Biasanya, dewi Nemetoan digambarkan sedang duduk seperti seorang ratu sambil memegang sebuah tongkat. Di sekelilingnya ada tiga sosok bertudung dan seekor domba.
Beberapa orang mengaitkan Nemetona dengan Nemain, salah satu dari tiga dewi perang Irlandia, yang dikenal sebagai Morrigan. Meskipun demikian, tidak ditemukan sifat-sifat Nemetona yang berhubungan dengan perang.


Nodons

Nodons adalah dewa pengobatan Britania (Romawi-Kelt). Nodons disamakan dengan dewa dari Irlandia, yaitu, Nuada Airgedlámh ("Nuada Tangan Perak"), dan dewa dari Wales, yaitu Lludd Llaw Ereint (Nudd).
Ada satu kuil besar untuk Nodos yang didirikan di Lydney di Sungai Severn, di Gloustershire, pada tahun 365 M. Nodons disebutkan datang ke kuil itu dan menyembuhkan orang-orang sakit.
Anjing adalah hewan yang dikeramatkan bagi Nodons.


Sulis

Sulis' adalah dewi mata air penyembuhan. Sulis sebenarnya merupakan nama Latin bagi dewa Britanianya. Orang Romawi mengidentikannya dengan Minerva Galia, yang mana dia pun dikenal sebagai Sulis Minerva.
Kotanya dinamai sesuai namanya, yaitu Aquae Sulis, yang pada masa kini disebut Bath. Karena di sana ada mata air panas, orang Romawi membangun tempat pemandian umum di sana. Sulis merupakan satu dari beberapa dewi yang disembah di Bath. Dua dewi lainnya adalah Coventina dan Nemetona.
Pemujaan Sulis juga ditemukan hingga ke daerah Hesse di Jerman. Description: Dewa Dewi Britania dalam Mitologi Kelt Rating: 4.5 Reviewer: Zonna Info - ItemReviewed: Dewa Dewi Britania dalam Mitologi Kelt