3 Agustus 2012

Tuntut Karyawan Tetap, Ratusan Buruh Segel Pabrik PT 3M Indonesia

http://www.acehkita.com/wp-content/uploads/2012/05/Akita-Demo-Buruh.jpg
ilustrasi
Zonasemu.com- Sekitar 500 buruh sistem kerja kontrak atau alih daya (outsourching) PT 3M Indonesia berunjuk rasa dan menyegel pabrik kaca film di Jalan Diponegoro, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Buruh berunjuk rasa pada Kamis (2/8/2012) sejak pukul 13.00 dengan menutup gerbang pabrik.Hingga berita ini dibuat pukul 23.30, buruh masih berunjuk rasa di pabrik.

Akibat aksi itu, kalangan buruh lainnya yang tidak mengetahui akan ada aksi unjuk rasa sempat tidak bisa pulang. Seorang buruh yang dihubungi Kompas pada Kamis malam mengatakan, baru bisa keluar dari pabrik dan menyelinap sekitar pukul 22.00.

"Saya bilang ke yang demontrasi, saya lapar dan mau cari makan. Ternyata dibolehkan. Di jalan, ada taksi, saya cegat dan pulang. Sepeda motor, tas, dan laptop kerja terpaksa saya tinggal dan besok (Jumat) saya ambil," kata Subagyo, karyawan 3M yang tinggal di Kota Bekasi.
Adapun buruh outsourching di pabrik itu berunjuk rasa dengan tuntutan diangkat sebagai karyawan tetap. Aksi itu juga tidak disangka-sangka oleh buruh yang tidak berstatus alih daya.

"Saya kaget tiba-tiba tadi siang ada rombongan buruh dan aksi hingga malam ini," kata Subagyo lagi.
Hingga kini belum dilaporkan adanya aksi kekerasan sebagai dampak aksi tersebut. Di lokasi sudah ada petugas Polri dan TNI yang berjaga-jaga.

Kepolisian Sektor Tambun yang dikonfirmasi pada Kamis malam membenarkan adanya demonstrasi di pabrik 3M. Petugas telah diterjunkan untuk memantau dan mengendalikan situasi.

http://megapolitan.kompas.com/read/2012/08/03/01434151/Buruh.Menyegel.Pabrik.PT.3M.Indonesia

http://noveloke.co.cc/cooment.gif
Jangan Lupa Di Like Ya Gan

Description: Tuntut Karyawan Tetap, Ratusan Buruh Segel Pabrik PT 3M Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: Zonna Info - ItemReviewed: Tuntut Karyawan Tetap, Ratusan Buruh Segel Pabrik PT 3M Indonesia