5 Juli 2012

6 Makhluk Mitos yang Serupa Tapi Tak Sama


Gue bakal ngulik makhluk2 mitologi yang konon dulu pernah ada di dunia dan kini keberadaannya menghilang entah kemana (entah kenapa, saya itu suka banget sama yang namanya Mitos dari kecil., tapi bukan berarti saya penganut paham animis dam dinamisme).
Sepintas,  makhluk2 ini memiliki wujud yang sama. Namun sebenarnya mereka memiliki perbedaan masing-masing dan tersendiri dari yang lain. karena kebanyakan orang di luar sana sepintas menilai rupa makhluk ini berwujud sama, maka dari itu saya membuat artikel ini sebagai jalan lurus buat mereka yang salah persepsi (mungkin udah berbulan2 dan bertahun2, dan bahkan mungkin juga ada yang baru tau sekarang) tentang mereka.
ini dia;


1. Pegasus dengan Unicorn

Dalam legenda, Pegasus merupakan perwujudan dari kuda dengan sepasang sayap di punggungnya. Dalam mitologi Yunani, Pegasus merupakan putra dari Posseidon dan Medusa. Didalam dongeng-dongeng atau cerita rakyat Yunani, Pegasus digambarkan seperti kuda putih bersayap yang dijadikan sebagai lambang kesucian.

Berbeda dengan Pegasus, Unicorn adalah makhluk dalam legenda yang wujudnya adalah seekor kuda, dengan sebuah tanduk di dahinya (kata "cornus" dalam bahasa Latin dihubungkan dengan kata "horn" yang berarti tanduk dan "uni" yang berarti satu). Biasanya bulu Unicorn berwarna putih dan tanduknya berbentuk spiral. Darah Unicorn merupakan obat yang mujarab dan mampu membuat hidup abadi.



2.Griffin dengan Hippogriff

Griffin adalah makhluk legendaris bertubuh singa tetapi bersayap dan berkepala burung elang atau rajawali. Dalam mitologi Yunani, makhluk ini tinggal di pegunungan dan merupakan raja hewan buas sekaligus raja di langit.

 
Berbeda dengan Griffin, Hippogriff adalah makhluk legendaris yang berwujud burung elang atau rajawali setengah kuda. Kepala dan tubuh bagian depannya adalah burung elang atau rajawali sedangkan bagian tubuhnya adalah kuda. Hippogriff jauh lebih jinak dibandingkan dengan sejenisnya, Griffin. Menurut legenda, Hippogriff merupakan makhluk hasil dari perkimpoian antara Griffin dengan kuda.


3.Centaur dengan Satyr

Dalam mitologi Yunani, Centaur/Kentaur adalah makhluk yang berwujud setengah manusia dan setengah lagi kuda. Centaur hidup di pegunungan dan hidup secara individual.


Berbeda dengan Centaur, Satyr adalah makhluk yang berwujud setengah manusia dan setengah kambing atau domba. Satir merupakan makhluk penghuni hutan-hutan dan pegunungan dan hidup berkelompok. Ciri-ciri Satir : memiliki sepasang tanduk kecil dikepalanya, berambut keriting, telinganya runcing dan bagian bawah badannya adalah kambing atau domba.



4.Giant dengan Ogre

Giant merupakan makhluk mitos yang memiliki tubuh yang sangat besar. Perawakannya mirip sekali dengan manusia pada umumnya, tetapi yang membedakannya hanyalah ukurannya. Dikebanyakan dongeng-dongeng, Giant disebutkan sebagai makhluk bertubuh besar yang baik hati dan tidak memakan manusia, tetapi banyak orang yang menyangkal akan hal itu dan berbondong-bondong untuk memburunya. Habitat para Giant adalah di hutan-hutan dan tempat-tempat yang jauh dari jangkauan manusia.


Berbeda dengan Giant, Ogre merupakan makhluk mitos yang digambarkan sebagai makhluk beringas dan kejam. Postur tubuhnya mirip sekali dengan Giant, akan tetapi, sifat dan perilakunya sangat menyimpang jauh dari Giant. Habitat alaminya di pegunungan dan hutan-hutan yang dekat dengan pemukiman warga. Ogre hidup berkelompok dan setiap kelompok memiliki ketuanya sendiri.


5.Basilisk dengan Naga

Buat penggila Harry Potter pasti nggak asing lagi sama hewan yang satu ini. Basilisk adalah makhluk mitologi dari Yunani yang berwujud ular raksasa berwarna hitam kelam dengan kepala yang menyerupai ayam. Basilisk tinggal di gua-gua yang sangat gelap. Makanannya adalah kelelawar yang ada didalam gua tersebut. Ciri-ciri basilisk : Kepala Basilisk menyerupai ayam dengan paruh yang tajam, Kulitnya dipenuhi dengan sisik yang licin seperti ular dan tidak berkaki.

Berbeda dengan Basilisk, Naga merupakan makhluk mitos dari China. Bentuk Naga memang menyerupai Basilisk tetapi ada beberapa perbedaan yang menonjol, yaitu : Naga memiliki sepasang tanduk yang bercabang di kepalanya, Naga memiliki tubuh yang bersisik kasar seperti ikan, dan di masing-masing kakinya terdapat cakar yang sangat tajam untuk mencengkram mangsanya. Konon katanya, masyarakat China mempercayai adanya Naga dan menjadikannya sebagai simbol kekuasaan. Habitat Naga adalah di pegunungan dan tempat-tempat yang tinggi.


6.Bigfoot dengan Yeti

Bigfoot adalah makhluk misterius yang mendiami hutan-hutan di berbagai belahan dunia, banyak yang mengira Bigfoot adalah orang pedalaman yang tinggal di hutan. Jarang ada orang yang melihat sosok asli Bigfoot, tetapi diperkirakan Bigfoot memiliki kaki yang besar berdasarkan dengan penemuan-penemuan jejak kaki misterius di hutan. Pernah ada laporan tentang makhluk aneh yang berjalan dihutan Kalimantan. Menurut penduduk setempat makhluk tersebut memiliki postur tubuh mirip orang hutan tetapi ia memiliki bulu yang sangat lebat dan berjalan dengan kedua kakinya.

Berberda dengan Bigfoot, Yeti tinggal ditempat-tempat yang dingin dan bersalju. Tubuh Yeti dipenuhi dengan bulu yang lebat dan berwarna putih. Tubuh dan posturnya sangat mirip dengan Bigfoot, perbedaan dari keduanya hanya diwarna bulu dan tempat tinggal mereka. Jika Bigfoot tinggal ditempat-tempat yang panas dan lebat dengan pepohonan, maka Yeti tinggal ditempat-tempat yang dingin dan bersalju.
Description: 6 Makhluk Mitos yang Serupa Tapi Tak Sama Rating: 4.5 Reviewer: Zonna Info - ItemReviewed: 6 Makhluk Mitos yang Serupa Tapi Tak Sama